Langsung ke konten utama

Latihan Bola Basket Untuk Pemula

Assalamu'alaikum Wr. Wb

   Salam Olahraga , Selamat datang di akangboygo.blogspot.com . Disini saya akan membahas tentang cara berlatih bola basket untuk pemula / baru gabung dengan club basketnya . Ya pasti yang membaca artikel ini tentunya anak basket di sekolahnya / club basketnya , sama seperti saya. Oke langsung saja simak artikel berikut ini.

   Dalam permainan bola basket , tentu saja kalian butuh berlatih terlebih dahulu untuk memahami dasar-dasar dalam permainan bola basket, seperti : Passing , Shooting , dan Drible.

1.Passing 

   Passing atau memberi bola kepada rekan , sangat di butuhkan dalam permainan bola basket , sehingga dalam satu team dengan tidak sengaja akan menjalin kerjasama dalam permainannya.
Untuk pemula , Passing terbagi menjadi 3 macam , yaitu : Chest pass , Bounce pass , dan Overhead pass .

a. Chest pass = Operan dari dada ke dada.

   Ini biasa dilakukan salah satu team ketika tidak ada pemain bertahan yang mengganggu mereka yang sedang bermain. Kalian boleh melakukannya minimal 50x operan ketika latihan sedang berlangsung bersama teman kalian. Caranya bola di simpan di dada kalian dan kalian oper ke arah dada teman kalian dengan arah lurus dan cepat sehingga ketika lawan mengganggunya , lawan tetap tidak bisa mengganggunya dengan sempurna.

b. Bounce pass = Operan memantul.

   Bounce pass yaitu mengoper bola dengan cara di pantulkan. Caranya bola berposisi sama seperti chest pass yaitu di depan dada , lalu kalian lempar ke bawah sehingga bola memantul dan di terima oleh rekan kalian. Tentu saja operan nya harus baik dan benar.

c. Overhead pass = Operan dari atas kepala.

   Mengoper bola dengan cara ini umum dilakukan untuk mengoper bola ke arah yang tinggi / posisi rekan kalian yang jauh agar tidak mudah di sigap oleh lawan yang bertubuh pendek maupun lawan yang lemah. Caranya kalian simpan bola di atas kepala, lalu kalian lempar tepat kepada rekan kalian yang posisinya jauh agar lawan tidak bisa menangkapnya / steel mudah.

2.Shooting.

   Shooting atau tembakan ke arah ring yang membuat point bertambah tentunya harus kalian kuasai agar team kalian menjadi pemenang dalam permainan tersebut. 

Posisi ketika hendak menembak :

-Tangan kanan menekuk ke atas 90 derajat dan mengepal bola
-Tangan kiri menahan dan menyeimbangkan posisi bola agar ketika hendak menembak , bola akan       tepat sasaran.
-Ketika menembak bola , tangan kanan melempar bola dan di usahakan tangan langsung lurus ke      depan.
-Kaki berposisi kuda kuda. 
-Badan agak di turunkan sedikit.
-Diusahakan badan dan kaki harus Loncat agar bola masuk dengan sangat cepat.

3.Drible.

   Drible merupakan salah satu inti dalam bermain bola basket. Drible atau menggiring bola sangat di utamakan ketika kalian di posisi tidak bisa passing / shooting. Drible yang baik adalah posisi telapak tangan tepat berada di atas bola , sehingga tidak sulit untung menggiringnya. dalam Drible , Kecepatan lari / sprint sangat di butuhkan , fungsinya untuk mengejar ring dan melewati lawan dengan sangat cepat sehingga lawan menjadi lelah untuk merebut bla dari kalian. 

Kesimpulan : Jika kalian mampu menguasai materi di atas , insya allah team kalian akan mampu                               memenangkan pertandingan tersebut dan menjadi juara , amiin .

Pesan dari saya : Pray , Play And Work Hard.

Sekian dari saya , semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

SEMOGA BERHASIL....

Wassalamu'alaikum Wr.  Wb.   

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menurut Freddy Adiono Basuki (2000),

Pada waktu dua huruf atau lebih dikombinasikan maka akan menimbulkan kekontrasan akibat perbedaan tampilannya. Kontras juga menunjuk pada kekuatan intensitas visual yang dihasilkan. Menurut Freddy Adiono Basuki (2000), kombinasi yang dapat menyebabkan kekontrasan adalah : Tebal-tipisnya huruf, menyangkut berat dan ringannya, tebal dan tipis, serta kesan kuat-lemahnya huruf. Besar-kecilnya huruf, terletak pada besar kecil skala perbandingan ukuran dengan satu tipe keluarga huruf. Keras-lembutnya huruf, kekontrasan pada sensasi karena perbedaan tipe huruf. Lebar-sempitnya huruf, kekontrasan adalah ukuran horisontal huruf, jauh dekat, sempit ke lebar dan tinggi ke luas. Tegak-miringnya huruf, kekontrasan tetap dinamis, tegak lurus ke kaku dan berhenti menuju ke sesuatu. Padat konturnya huruf, kekontrasan berkait dengan penuh dan kosong, posisitf dan negatif, hitam ke putih, hidup dan mati Padat bergeraknya

Terminologi umum Menurut Danton Sihombing (2001)

Menurut Danton Sihombing (2001), terminologi umum yang digunakan dalam penamaan setiap komponen visual yang terstruktur dalam fisik huruf adalah : Capline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari setiap huruf besar Meanline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian teratas dari badan setiap huruf kecil Baseline : garis maya lurus horisontal yang menjadi batas bagian terbawah dari setiap huruf besar Descender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada di bawah baseline Ascender : bagian dari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline X-Height : jarak ketinggian dari baseline ke meanline

Syarat menjadi pemimpin yang baik dalam berwirausaha

Menjadi seorang pemimpin itu memang tidak mudah, Jika hanya menjadi now mimpi yang asal-asaan tidak dituntut syarat tertentu atau syarat minimal.Seorang pemimpin yang baik seharusnya memiliki syarat-syarat tertentu , seperti di bawah ini : 1. Memiliki Karisma. 2. Memiliki keberanian. 3. Memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain. 4. Memiliki kemampuan membuat strategi 5. Memiliki moral tinggi. 6. Mampu menjadi mediator. 7. Mampu menjadi motivator. 8. Memiliki rasa humor. Sekian yang dapat saya sampaikan , jika diantara kalian yang menjadi pemimpin di masa depan (khususnya lelaki) semoga mempunyai syarat syarat seperti di atas agar bisa menjadi pemimpin yang baik. Amin , sekian , sampai jumpa;)